Tandan Pisang

Loading...

Selasa, 01 Mei 2012

PENGERTIAN IBADAH/ AGAMA/ RITUAL


PENGERTIAN IBADAH/ AGAMA/ RITUAL

  1. IBADAH

-                Hormat kepada Allah yang dinyatakan dalam gerak isyarat, kurban syukur dan perkataan tepat serta pantas, tetapi dituntut juga oleh para nabi dalam sikap, perbuatan dan hidup ( Kamus Alkitab, hal. )

-                Berdoa dan bernyanyi merupakan bagian dari ibadah di Bait Allah dan umat menggunakan pujian dari mazmur ( Kamus Alkitab, hal. )


-        Khidmat kepada Tuhan, taat mengerjakan perintah- Nya dan menjauhi larangan- Nya ( J. S Badudu, Kamus Umum Bahasa Indonesia , Jakarta 1994 )

-                Perbuatan untuk menyatakan bakti kepada Allah yang didasari ketaatan mengerjakan perintah- Nya dan menjauhi larangan- Nya (Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakara ).

-                Menunaikan segala kewajiban yang diperintahkan Allah( J. S Badudu, Kamus Umum Bahasa Indonesia , Jakarta 1994 ).


-                Ibadah haji : ibadah wajib seumur hidup sekali dengan pergi ke Mekah disertai rukun dan syarat khusus (Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakara ).

-                Ibadah puasa : ibadah wajib sekali dalam setahun selama sebulan yang dilakukan pada bulan Ramadhan tahun Hijriah (Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakara ).

-                Ibadah sunah : ibadah yang tidak diwajibkan, bila dikerjakan maka akan mendapat pahala, bila tidak dikerjakan juga tidak akan menjadi dosa (Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakara ).

-        ekspresi ungkapan perwujudan dari iman ( Pdt. Stanley Rambitan ).


2.  RELIGIUS

-        kepekaan terhadap yang suci, tinmbul dalam pergaulan dengan dunia ( Nico Syukur Dister Ofm, Pengalaman dan Motivasi Beragama, Kanisius, Yogyakarta 1988, hal. 31)


  1. RITUAL
     
-        Upacara keagamaan;
-        Tata cara dalam upacara keagamaan (Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakara ).
-        Ibadah
-        Kegiatan- kegiatan yang dilakukan sebagai wujud dari kepercayaan terhadap Tuhan ( Pdt. Stanley Rambitan ).
-        Isi ritual : doa, pujian, nyanyian, persembahan, sakramen, baptisan, pengakuan iman, berkat ( Pdt. Stanley Rambitan ).
-        Ucapan syukur ( Pdt. Stanley Rambitan ).


  1. AGAMA

-        Relasi dengan Tuhan sebagaimana dihayati oleh manusia ( Robert H. Thouless, An introduction to the psychology of religion, edisi ketiga, Cambridge University Press, 1971, hal. 9-14 ).
-                Suatu sikap terhadap dunia, sikap mana menunjukan kepada suatu lingkungan yang lebih luas dari pada lingkungan dunia ini yang bersifat ruang dan waktu; lingkungan yang lebih luas itu adalah dunia rohani ( Robert H. Thouless, An introduction to the psychology of religion, edisi ketiga, Cambridge University Press, 1971, hal. 9-14 ).
-                Kepercayaan kepada Tuhan dengan ajaran kebaktian dan kewajiban-kewajiban yang berkaitan dengan kepercayaan itu (Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakara ).

-                Agama/ ibadah à berasal dari kata Sanskerta
         A= tidak                Gama= kacau             àagama = tidak kacau.
         Latin = Relegere            Arab= Din            Inggris= Religion
-        Teks/ kitab suci à karena memiliki kitab suci?
-        Aturan/ tatanan/ ritual untuk mencegah kekacauan dalam kehidupan manusia ( Mudjahid Abdul Manaf, Ilmu Perbandingan Agama, RajaGrafindo Persada, Jakarta, 1994).

-        Ritual pengikat kehidupan manusia yang diwariskan secara berulang dari generasi ke generasi ( Mudjahid Abdul Manaf, Ilmu Perbandingan Agama, RajaGrafindo Persada, Jakarta, 1994).

-        Agama primitif : suatu ritual tertentu yang dilakukan oleh manusia dalam mendalami, mengalami, dan mendekati hubungan antara manusia dengan Tuhan.
-        Agama primitif : suatu pandangan tertentu terhadap segala kehidupan disekeliling manusia dan suatu sikap rohani.
-        Agama primitif à dinamisme, animisme, politeisme.
-        Agama primitive memiliki upacara religius yang bertujuan untuk mencari hubungan antara manusia dengan Tuhan, dewa-dewa dan makhluk-makhluk halus yang mendiami alam gaib dalam peribadatannya


-        Ajaran tentang kewajiban dan kepatuhan terhadap peraturan/ petunjuk/perintah yang diberikan Allah kepada manusia lewat utusan-utusan-Nya dan oleh rasul-rasul-Nya diajarkan kepada orang-orang dengan pendidikan dan teladan (Agus Salim, Tauhid, Taqdir, Tawakal, Tintamas, Jakarta, 1967, hal.6 ).

-        suatu keseluruhan yang bagian-bagiannya saling bersandar satu sama lain, terdiri dari akidah-akidah/ kepercayaan dan ibadat-ibadat semuanya dihubungkan dengan hal-hal yang suci dan mengikat pengikutnya dalam suatu masyarakatàdisebut gereja ( menurut pendapat Emilie Durkheim dari Prancis ).

-        suatu pola akidah-akidah, sikap-sikap emosional dan praktek-praktek yang dipakai oleh sekelompok manusia untuk mencoba memecahkan soal-soal ultimate dalam kehidupan manusia ( Pendapat Ogburn dan Nimkhoff dari The Florida University dalam buku: à H. M. Rasyidi, Empat Kuliah Agama Islam pada Perguruan Tinggi, Pen. Bulan Bintang, Jakarta, 1974, hal. 49 )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar