Rabu, 23 Januari 2013

Upacara Setelah Perkawinan Menurut Adat Karo



 
Upacara Setelah Perkawinan Menurut Adat Karo

Pendahuluan
            Sebagian orang mungkin menganggap bahwa acara pesta pernikahan adalah puncak dari acara pernikahan itu. Tetapi bagi masyarakat Karo, sesungguhnya acara/upacara yang dilakukan setelah perkawinan adalah upacara yang paling penting. Sebab melalui acara ini, seseorang yang telah/baru menikah tersebut dapat diterima di dalam keluarga barunya (keluarga suami/istri) sebagai anggota keluarga yang baru (diterima dalam komunitas). Selain itu, fungsi dari ritual ini juga sebagai pengikat persekutuan dan penyatuan nilai-nilai masyarakat Karo khususnya di dalam suatu keluarga yang baru saja melaksanakan pesta perkawinan adat. Oleh karena itu, di dalam paper ini akan dibahas sedikit tentang beberapa ritual yang dilaksanakan oleh masyarakat Karo sebagai ritus setelah perkawinan yang merupakan bagian dari ritus kehidupan masyarakat Karo.

Ritus Setelah Perkawinan di Karo:
Mukul
            Pengesahan perkawinan secara adat diikuti dengan unsur kepercayaan tradisional yaitu “mukul (persadaan tendi)” yang merupakan semacam doa tentang perkawinan tersebut dan diikuti dengan  makan malam bersama pengantin serta upacara pelaminan.[1] Di dalam acara mukul ini dilakukan beberapa hal, yakni:
1.      Kalimbubu mengantarkan pengantin ke jabu (rumah) tempat mukul
2.      Menetapkan jabu (rumah) pengantin
3.      Kalimbubu dan Anak Beru menyiapkan perlengkapan mukul
4.      Mempersatukan pengantin lewat acara makan dalam satu piring
5.      Mempersatukan Sangkep Nggeluh (keluarga)
6.      Ngobah tutur (mengubah tutur)
7.      Melaksanakan Runggun Sangkep Nggeluh/ Runggun Pijer Podi (musyawarah keluarga) yang berisi percakapan tentang hal-hal yang menggembirakan dan kata-kata peneguhan bagi keluarga baru tersebut.
8.      Pengantin memasuki pelaminan/kamar
9.      Pengantin laki-laki (si empo) membuat satu simpul yang berisi uang perak dalam kain pengantin perempuan (si sereh). Namun hal ini sudah tidak dilakukan lagi setelah kekristenan masuk ke Tanah Karo.
Acara mukul ini dilakukan pada malam hari setelah acara pesta selesai digelar. Acara mukul merupakan acara makan bersama kedua pengantin bersama sanak keluarga terdekat. Acara ini diadakan di rumah kedua pengantin. Namun jika pengantin baru tersebut belum memiliki rumah, maka akan diadakan dirumah orang tua pengantin laki-laki (tetapi di daerah Langkat, acara mukul ini diselenggarakan dirumah pengantin perempuan). Acara ini dilaksanakan sebagai upacara mukul atau persada tendi (mempersatukan roh) antara kedua suami istri baru tersebut. Untuk acara tersebut pihak Kalimbubu Singalo Bere-Bere (saudara laki-laki dari pihak ibu dan keluarganya) membawa Manuk Sangkep berikut sebutir telur ayam. Kemudian pihak Anak Beru (saudara perempuan dari pihak ayah dan keluarganya) pengantin membuat dan mempersiapkan Manuk Sangkep itu hingga dapat disajikan.
Bahan-bahan yang dipersiapkan oleh Kalimbubu tersebut adalah:
a.       Beras meciho (beras putih dan bersih) : 1 tumba (2 liter)
b.      Manuk Megersing (ayam yang berwarna coklat keemasan): 1 ekor
c.       Tinaruh manuk mbentar (telur dari ayam yang berwarna putih) : 1 butir (biasanya dipersiapkan oleh ibu pengantin perempuan)
d.      Pinggan pasu (piring besar khas Karo): 1 buah
e.       Uis arinteneng [2] : untuk menjadi alas pinggan pasu
f.       Amak cur (tikar putih yang terbuat dari bengkuang)
g.      Peralatan untuk makan secukupnya.
Acara mukul ini diawali dengan kedatangan kedua pengantin dan rombongan dari rumahnya menuju rumah orangtua pengantin perempuan. Sesampai di depan pintu rumah orangtua pengantin perempuan, kedua pengantin berhenti sejenak untuk itepungtawari dengan ngamburken beras meciho (melemparkan beras putih) kepada kedua pengantin. Sanak saudara yang hadir akan ralep-alep ras ndehile (bersorak-sorak)  ketika nepung wari (melempar beras) ini. [3] Kemudian pihak Kalimbubu akan memberi petuah atau berkat (pasu-pasu): " Enda amburi kami kam alu beras meciho, maka piher pe beras enda, piherenlah tendi ndu duana ". (Ini kami hamburkan/ tuangi kalian dengan beras putih bening, agar sama seperti beras yang kuat dan bersih ini, maka Roh kalian berdua juga kuat dan murni (bersih). Setelah itu mereka dapat masuk ke rumah dan dilanjutkan dengan acara suap-suapan antara kedua pengantin di dalam kamar dengan ditemani 2 atau 3 orang keluarga. Biasanya yang menemani itu adalah perempuan, bisa saja bibi, ibu atau mami (istri paman dari pihak ibu) pengantin yang dianggap sudah mewakili Sangkep Nggeluh (sanak saudara).
Kedua pengantin di suruh duduk di atas tikar putih (amak cur) kemudian dipakaikan pakaian adat. Pengantin pria (si empo) ibulangi= dipakaikan bulang-bulang (kain khusus untuk laki-laki yang dipakaikan di kepala) dan pengantin perempuan (si sereh) itudungi=dipakaikan tudung (dipakaikan di kepala perempuan). Kemudian bibi pengantin kemudian memberi sekepal nasi ke masing-masing pengantin dan si suami menyuapkan nasi yang ditangannya ke mulut istrinya, lalu diikuti si istri menyuapkan nasi yang ditangannya ke mulut suaminya. Ketika menyuapi nasi itu, mereka akan berkata “ Enda dahupken nakan pukulen enda gelah pagi perjabunta pe bagi nakan pukulen enda, la nggit sirang.” ( Ini, makanlah nasi yang sudah dikepal ini agar pernikahan kita sama seperti nasi yang telah dikepal ini, erat dan tidak dapat terpisahkan). Nasi yang dikepal tersebut diambil dari masakan Manuk Sangkep yang telah disediakan sebelumnya dan diberikan juga kepada bibi, ibu atau mami yang menemani di kamar itu. [4]  Setelah pengantin selesai mukul, barulah kemudian sanak saudara makan bersama.
Pada zaman dulu, biasanya ada seorang tetua (guru) yang diikutsertakan untuk melakukan Ngoge gerek-gereken. Makanan Manuk Sangkep dan telur sebutir untuk kedua pengantin tersebut dilihat maknanya. Biasanya guru tersebut meramalkan masa depan kedua suami istri yang baru tersebut. Bahkan biasanya ada pula guru perkatika yang menentukan saat yang baik untuk menikah sebelum acara pernikahan dilakukan. Dulu, semua upacara adat Karo seperti proses melamar, membayar utang adat kepada Kalimbubu menggunakan semua sarana-sarana perlengkapan adat misalnya seperti belo bujur (sirih) yang diletakkan di atas pinggan pasu dan uis arinteneng yang berada diatas amak curBelo bujur ini mengandung arti berkat Tuhan/ supaya diberkati Tuhan dan uis arinteneng tersebut memiliki arti agar roh-roh menjadi tenang. Adat Karo yang seperti ini sudah ada sejak dahulu kala atau setidaknya jauh sebelum Injil memasuki wilayah Karo. Namun sejak Injil masuk ke masyarakat Karo, acara “Ngoge gerek-gereken” yang dilaksanakan untuk melihat nasib kedua pengantin tersebut sudah ditiadakan dan tidak dibutuhkan lagi.

Runggun Sangkep Nggeluh
            Runggun Sangkep Nggeluh dilakukan setelah selesai makan bersama. Isi percakapan dalam acara ini adalah berupa petuah dan kata-kata peneguhan bagi keluarga baru tersebut. dalam acara ini pihak Kalimbubu singalo bere-bere memberi pedah-pedah     (nasihat dan petuah yang menguatkan). Sebagai contoh, misalnya jika ritus ini diberikan kepada saya, maka saya ingin menerima petuah seperti berikut:
“ Dage anak kami Shandy Joan Barus bebere mamana, bebere mamina, genduari enggo kam erjabu ras kela kami. Ndai ibas kerja adat perjabunndu enggo kami ngerana mereken pedah man bandu. Tapi kami mamandu ras mamindu lalap kami tole-tolen mereken pedah ras kata rikutken kekelengen Dibata man bandu duana jadi gelemenndu ibas perjabunndu. Kam enggo tumbuk erjabu rikut pemasu-masun Dibata, ate kami gelah iasuhi kam kinetekn man Dibata ras nggeluh ibas ate keleng duana, gelah ula kel pagi terbegi perubaten bas jabundu. Maka si legin ukurlah kam pekepar, bahanlah arihndu ersada gelah kami pe mamandu ras mamindu rikut pe kade-kade si enterem ermalem ate natap-natap perjabunndu. Adina lit kam kurang siangkan duanna, ibas kiniteken ngasuplah kam nuruti bana, mandang bana, persoalen si mbelin ipekitik, persoalen si kitik imasapkenndu, persada arihndu ras kela, tutus atendu ndahi dahindu, tutus kam ku gereja, asuhindulah geluh erkiniteken ras ertoto man Dibata. Ibas kerina kecibal kegeluhenndu bahanlah Dibata inganndu erpenundalen duana. Mejingkat kam ndahiken dahinndu, gelah adi ertenah pagi kami mamandu ras mamindu mis kam reh duana ras kela. Bage pe gelah iaturkenndu kesempatenndu niar-niar kami kerina kalimbubundu. Kami pe mama ras mamindu labo terbereken kami emas megersing ras pirak mbentar, barang ras duit pe labo lit terbereken kami man bandu, saja pedah ras kata Dibata ngenca iendesken kami man bandu palas perjabunndu. Shandy Joan, anakku, megermetlah kam kerna jabundu, meteh wari ben, gelah ietehndu keperlun jabundu ras kai si penting ngasuhi jabundu. Metenget kam janah terbeluh adi lit si kurang, erpengagak kam kerna jabundu gelah turah kemalemen ate. Sabar kam gelah banci asuhi arih-arih ibas jabundu muat mehuli, dingen ngasup kam erbahan singena ate perbulangenndu. Tutus kam ku gereja ras ndahi perpulungen, bage pe ertoto ku Dibata dingen pakekenndulah kata Dibata. Adi kam enggo njabuken bana, erlajar kam ngaloken temanndu, ercakap-cakap kam muat siteng-teng. Nandangi kade-kade si rulo ula kam mejurngas ngerana, asuhi ukur meteruk ras perkuah, perkeleng kam. Tungkirlah kalak si kuga pa pe. Adi lit kalak tawa ikutlah kam tawa, adi lit kalak tangis ikutlah kam tangis. Kekelengen ras kata Dibata perlu jadi pedoman ibas kegeluhenndu. Doni enda ingan singgah ras ncidahken pertanggungjawaben kiniteken. Ertoto ras erdahinlah kam, pindo gegeh man Dibata. Bage me kata kami man bandu duana ras kela, ula lit sangkut ukurndu tah ija gia kurang lebihna perbahanen ras pengerana kami bandu.”
Artinya:
Jadi anak kami Shandy Joan Barus keponakan mamanya (paman), keponakan maminya, sekarang kamu sudah menikah dengan menantu kami. Tadi sudah diadakan pesta adatmu dan tadi kami juga sudah memberikan petuah kepadamu. Tapi kami mama-mu dan mami-mu selalu dan tidak akan pernah bosan memberikan petuah dan kata-kata bijak seturut dengan kasih dan firman Allah untukmu berdua. Jadikanlah itu menjadi pegangan di dalam kehidupan kalian berumah tangga. Kamu sudah resmi menikah dan sudah menerima berkat Tuhan melalui pemberkatan di gereja,kami berharap agar kamu mengingat dan mengamalkan janji setiamu dan tetap memiliki iman kepercayaan kepada Tuhan serta hidup di dalam kasihNya, agar kelak tidak akan pernah terdengar soal perkelahian dan cekcok di dalam rumah tangga kalian berdua. Karena itu hendaklah kalian berdua saling meneduhkan hati,bersatu dan seiya sekata agar  kami pun mama-mu dan mami-mu beserta seluruh sanak saudara dapat merasa senang dan teduh hati melihat rumah tanggamu yang akur. Jika kelak suatu saat nanti ada yang kurang baik atau terjadi salah paham diantara kalian berdua atau beda pemikiran, hendaklah kamu sanggup dan mampu untuk mengalah, koreksilah dirimu, jangan jadikan masalah semakin besar. Persoalan yang besar hendaknya dapat kamu perkecil, persoalan yang kecil harus segera kamu hilangkan, satukanlah visi misi, harapan dan tujuanmu berdua, serius mengerjakan pekerjaan, rajin beribadah ke gereja, jangan meninggalkan Tuhan, peliharalah hidup beriman dan berkeyakinan teguh kepada Tuhan dan jangan lupa berdoa dan meminta jalan keluar kepada Tuhan. Di dalam seluruh aspek kehidupanmu hendaklah Tuhan kamu jadikan sebagai pegangan dan dasar hidupmu berdua. Rajin-rajinlah mendatangi pesta kelak (mengunjungi),agar ketika kami mengundangmu, kalian berdua pasti akan datang. Jangan lupa untuk berkunjung ke rumah kami satu per satu, mama dan mami-mu. Kami sebagai mama ras mami-mu tidak mampu memberikan emas yang mahal ataupun perak murni, barang dan uang juga kami tidak mampu memberikannya kepadamu. Kami hanya mampu memberikan petuah dan nasihat baik sebagai pondasimu berumahtangga. Shandy Joan, anakku, perhatikan dan pedulilah kamu terhadap keluarga dan rumah tanggamu, ingat hari senja (untuk tidak bekerja terlalu larut dan mengabaikan keluarga),agar kamu mengetahui apa yang dibutuhkan oleh keluargamu dan apa yang dipenting bagi kehidupanmu berumah tangga. Kamu harus teliti dan bijak, sabar agar rumah tanggamu dapat menjadi keluarga yang harmonis yang selalu mengutamakan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan sehingga semuanya dapat berjalan dengan baik. Kamu harus mampu mengambil hati dan melakukan apa yang dapat membuat hati suamimu senang.Rajin ke gereja dan peduli terhadap jemaat, dan juga berdoa kepadaTuhan, pakailah firman Tuhan menjadi dasarmu.Jika kamu sudah menikah, belajarlah untuk menerima setiap kekurangan suamimu, jangan mengambil keputusan sendiri-sendiri, tetapi utamakan kompromi . Jangan anggap remeh keluarga jauh, jadilah orang yang berbelas kasihan dan penyayang.Lihat dan perhatikanlah orang yang berkekurangan. Jika ada orang yang tertawa, hendaklah kamu juga turut dalam kebahagiaan itu. Jika ada orang yang menangis, turutlah dalam kesedihan itu dan menangis bersamanya. Kasih dan firman Tuhan harus jadi pedoman kehidupanmu. Dunia ini hanya tempat singgah. Mintalah kekuatan kepada Tuhan. Demikianlah kata dan petuah yang dapat kami sampaikan kepadamu dan juga menantu kami, jangan berkecil hati, jangan dimasukkan ke dalam hati setiap ucapan kami yang mungkin tidak berkenan bagimu. Jangan terlalu diperhitungkan perkataan dan perbuatan kami yang tidak sesuai dengan keinginanmu.”
Setelah acara ini, maka dilanjutkan dengan acara Ngobah tutur.

Ngobah tutur
Ngobah tutur merupakan acara perkenalan yang dituntun oleh tetua ataupun orang yang lebih tua (namun biasanya adalah anak beru, kalimbubu atau bibi-nya). Pengantin perempuan (si sereh) akan diajak berkeliling mendatangi dan berkenalan dengan sanak saudara dan keluarga dekat suaminya dengan membawa Belo pengobah tutur (sirih dan perlengkapannya) untuk dibagikan kepada bibi, ibu, nenek atau mami suaminya kendati si sereh itu bukan orang yang suka memakan sirih. Demikian juga dengan si empo. Ia diperkenalkan untuk mengenal mama (paman istrinya dari pihak ibu), bengkila (paman istrinya dari pihak ayah) dan bulang (kakek) istrinya dengan membawa, menawarkan dan membagikan rokok kepada mereka kendati si empo itu tidak merokok.
Hal ini bertujuan agar pengantin yang baru menikah itu nantinya mengenal keluarga barunya dan juga untuk mengubah posisi hubungan keluarga akibat perkawinan tersebut. (Sebab biasanya di dalam adat Karo, setiap orang itu/ sesama orang Karo adalah saudara dan keluarga. Ada kemungkinan mami si empo adalah bibi jauh dari si sereh. Namun ketika sudah menikah, si sereh tersebut harus mengubah tutur-nya menjadi memanggil mami juga meski sebelumnya ia memanggil bibi). Hal ini yang ingin diluruskan melalui acara Ngobah tutur tersebut. Sehingga kelak tidak akan ada kesalahpahaman, salah menyebut dan salah kedudukannya di dalam adat. Setelah acara ini, maka pengantin sudah diperbolehkan untuk memasuki kamar.
Refleksi dan saran teologi sebagai penutup
            Acara Mukul merupakan acara yang mempersatukan pengantin dengan keluarga dari kedua belah pihak. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa acara Mukul dan upacara sesudah perkawinan adalah aspek sosial kebudayaan Karo juga erat kaitannya dengan unsur-unsur kepercayaan. Namun sekarang ini, di dalam setiap proses acara perkawinan adat Karo hingga acara sesudah perkawinan adat Karo, masyarakat Karo umumnya sudah menghindari cara-cara dan sikap-sikap yang tidak sesuai dengan iman Kristen, misalnya seperti niktik wari (memilih hari baik untuk melangsungkan acara pernikahan), erpangir rikutken bicara guru (mandi di sungai atas suruhan dukun), ogen-ogen (membaca nasib=sejenis membaca horoskop), ataupun cibal-cibalen (memberikan sesajen di atas lemari untuk leluhur ketika acara mukul). Sebab orang yang percaya kepada Allah melalui Yesus Kristus tidak diperkenankan lagi menggunakan sihir, tenung, membaca horoskop, membaca nasib, jampi-jampi dan lainnya. Allah murka terhadap hal-hal ini semua (Kel. 20; Ul. 6; Ul. 18:9-12; Mat. 22:27; Mar. 12:29).
            Simbol-simbol yang ada dalam adat Karo dapat digunakan juga digunakan dalam praktek liturgi gereja. Setelah kekristenan masuk ke Tanah Karo, adat Karo yang positif ditransformasikan dengan firman Allah. Sementara bentuk-bentuk kepercayaan lama yang bersifat magis-mistis-animistis dihindari sebab sudah terjadi yang baru yaitu Yesus Kristus sebagai satu-satunya jalan keselamatan dan sumber pengharapan serta jawaban dari doa orang Kristen.
Dalam acara mukul, ada yang harus dihindari oleh orang Kristen, antara lain:
1.      Hindari Ngoge gerek-gereken (membaca nasib)
2.      Ayam yang dimasak tidak perlu dengan menggunakan cara lama yakni ertubi/ kerker (tidak dipotong=dimasak secara utuh). Sebab ayam yang dimasak secara biasa juga tetap mengandung makna kegembiraan.
3.      Hindari ercibal (memberikan sesajen sebelum acara dimulai)
4.      Meniadakan penyimpulan uang logam dalam kain pengantin perempuan (kelam-kelam yang digunakan sebagai selimut) secara sembunyi-sembunyi. Tidak perlu juga anak beru datang memperhatikan keadaan tidur pengantin untuk melihat nasib perkawinannya kelak.
Dalam acara mukul, ada yang harus diperhatikan oleh orang Kristen, antara lain:
1.      Acara Mukul tetap dapat dilakukan sebagai suatu usaha untuk meneguhkan persekutuan orang yang berumah tangga.
2.      Acara Mukul adalah lanjutan pesta pengesahan perkawinan yang dilaksanakan pada malam hari setelah acara pesta adat. Acara ini merupakan doa syafaat tentang perkawinan yang baru agar selamat dan sejahtera serta senantiasa dilindungi oleh Tuhan.
3.      Acara Mukul merupakan peresmian penyerahan jabu (tempat tinggal) bagi mempelai dan agar yang bersangkutan dapat bertanggungjawab mengurus jabu-nya secara mandiri.
4.      Di dalam acara Mukul juga dapat diadakan acara ibadah sebagai suatu bentuk pengucapan syukur dan doa kepada Tuhan atas keluarga baru.
5.      Acara memberikan nasi yang dikepal padat oleh kedua mempelai merupakan tanda persekutuan di malam pertama dan juga memperlihatkan penghormatan yang satu terhadap yang lain di dalam rumah tangga (saling menyuapi nasi).
6.      Tujuan dari acara Runggun Sangkep Nggeluh merupakan acara memberi petuah guna memberi ketetapan hati. Sebagai orang Kristen, mungkin petuah dan nasihat-nasihat ini dapat didasarkan pada firman Allah tentang perkawinan.



Daftar Pustaka

Ginting, E. P. Religi Karo. Kabanjahe: Abdi Karya. 1999.
Wawancara dengan Pt. Drs. Josep Barus



[1] E. P. Ginting, Religi Karo, (Kabanjahe: Abdi Karya, 1999), 124.
[2] Uis Arinteneng terbuat dari kapas atau kembayat yang ditenun. Warnanya hitam pekat hasil pencelupan yang disebut ipelabuhken. Pakaian ini digunakan untuk alas pinggan pasu tempat Emas Kawin, alas pinggan pasu  tempat makanan untuk pengantin saat acara mukul (acara makan bersama) pada malam setelah selesai pesta adat, sebagai pembalut tiang pada peresmian atau acara adat memasuki rumah baru, dan membayar hutang adat kepada kalimbubu dalam acara kematian.
[3] Berdasarkan hasil wawancara dengan Pt. Drs. Josep Barus.
[4] Manuk Sangkep (masakan yang berisi daging ayam yang telah direbus dan dipotong  kecil-kecil dicampur dengan darah ayam. Lalu telur ayam yang telah direbus diletakkan di bagian paliing atas masakan itu dan tidak boleh pecah. Masakan ini lalu ditempatkan di pinggan pasu yang dialasi dengan uis arinteneng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar