Rabu, 23 Januari 2013

Memaknai Ibadah Rabu Abu



Memaknai Ibadah Rabu Abu
Pendahuluan

Bayangkan bagaimana sulitnya menjelaskan bahwa cabai itu memiliki rasa yang pedas kepada seseorang yang belum pernah menggigit cabai. Sama halnya dengan makna abu pada Ibadah Rabu Abu. Untuk sebagian orang, istilah Rabu Abu merupakan sesuatu hal yang baru mereka dengar karena belum semua gereja-gereja merayakan Ibadah Rabu Abu. Bagaimana mungkin pula mereka memahami makna abu dalam Ibadah Hari Rabu Abu tersebut jika Ibadah Rabu Abu saja belum pernah mereka rayakan sebelumnya. Sesuatu akan dapat menjadi lebih berarti ketika sesuatu itu memiliki makna. Namun sering kali kita sulit memahami makna akan sesuatu itu. Mungkin kita dapat melihat kisah Hellen Keler, seorang gadis buta yang tidak dapat memahami makna apa yang dimiliki oleh tiap benda yang ia sentuh dan ia jumpai. Meski gurunya sudah memberitahukan apa nama dari benda yang ia sentuh, namun ia tetap tidak mengerti karena ia belum mengetahui maknanya. Namun ketika ia sudah mengetahui maknanya, maka ia yang buta merasa bahwa dirinya seolah dapat melihat benda itu karena dengan pemahaman akan makna yang telah ia miliki, ia telah mampu menggambarkan benda itu dipikirannya. Demikian halnya dengan makna abu di dalam Ibadah Rabu Abu yang harus dapat dimaknai oleh setiap orang.
Hari Rabu Abu sebagai hari pertama ataupun awal pembuka masa Pra-Paska merupakan masa pertobatan, perkabungan, introspeksi diri, pendekatan diri kepada Tuhan dan berpuasa. [1] Ini terjadi pada hari Rabu, 40 hari sebelum Paskah tanpa menghitung hari-hari Minggu atau 44 hari (termasuk Minggu) sebelum hari Jumat Agung. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa, Hari Rabu Abu digunakan sebagai tanda peringatan bagi kita untuk bertobat, tanda akan ketidakabadian dunia, dan tanda bahwa satu-satunya Keselamatan ialah dari Tuhan Allah kita.  Melalui paper ini, penulis ingin mengungkapkan apa makna abu pada Ibadah Rabu Abu, apa makna simbolis dari tanda salib yang diberi di dahi, dan bagaimana seharusnya kita dapat memaknai Ibadah Rabu Abu.

Sejarah Rabu Abu

Sejak abad ke-4 hingga ke-10, istilah Rabu Abu belum muncul. Kemungkinan kebiasaan mengolesi abu pada dahi atau ubun-ubun baru dirayakan secara liturgis pada tahun 900-an. Sebelumnya, abu hanya digunakan sebagai suatu tanda para pentobat bagi mereka yang ingin mengaku dosa. Namun berangsur-angsur penggunaan Rabu Abu terjadi pada akhir abad ke-11 hingga ke-13 dari Rhenish, Itali hingga ke Roma oleh Paus sendiri. [2] Pada akhir abad tersebut, Paus Urbanus II menitahkan penggunaan abu di setiap gereja. Kemudian sejak saat itu muncul beberapa doa-doa mengiringi penaburan abu. Hari penggunaan abu tersebut dikenal sebagai dies cinerum (hari abu) dan akhirnya dikenal dengan hari Rabu Abu. Kemudian pada abad ke-12 terdapat aturan bahwa abu harus terbuat dari cabang dan daun palma dari Minggu Palma tahun sebelumnya dan aturan itu berlaku hingga kini.
Menurut  sejarah tradisinya, dalam ibadah Rabu Abu dilaksanakan upacara khusus pembubuhan abu di kepala atau di dahi sebagai simbol ungkapan pertobatan dan tanda penyesalan akan dosa-dosa. Abu yang digunakan pada Hari Rabu Abu berasal dari daun-daun palma yang merupakan lambang kegembiraan dan sukacita yang telah diberkati pada perayaan Minggu Palma tahun sebelumnya. Daun Palma yang telah kering tersebut kemudian dibakar dan ditumbuk hingga sehalus debu. Setelah Pembacaan Injil dan Homili, abu tersebut diberkati. Abu yang telah diberkati oleh gereja menjadi benda yang sakramentali.  Pendeta atau Imam memberkati abu dan mengenakannya pada dahi umat beriman dengan membuat tanda salib dan berkata, “Ingat, engkau berasal dari debu dan akan kembali menjadi debu,” atau “Bertobatlah dan percayalah kepada Injil”. [3] Menarik bahwa awalnya, para klerus dan kaum pria menerima penaburan abu di atas kepala mereka. Sementara itu, kaum wanita menerima tanda salib abu di dahi mereka. Namun sekarang, seperti yang kita ketahui bersama, semua menerima tanda salib abu di dahi.

Memaknai Ibadah Rabu Abu melalui Abu Sebagai Simbol
Abu merupakan hal yang dibenci orang yang bersih, karena abu mudah menempel di mana-mana, mengotori dan menghilangkan keindahan. Namun, debu dan abu itu mudah pula dibersihkan. Kumpulan abu atau debu mudah sekali buyar dan tercerai-berai dihembus angin. Selain itu, segala sesuatu yang dibakar akan menjadi abu, dan jika sudah menjadi abu, segala sesuatu itu sudah tidak ada gunanya lagi. Sifat-sifat abu itu adalah kotor, mudah dipindahkan, dan tidak berguna. Namun abu memiliki makna tersendiri dalam ibadah Rabu Abu.
Penggunaan abu dalam liturgi berasal dari jaman Perjanjian Lama. Abu bukan hanya sekadar tanda, tapi juga memiliki makna simbolis. Di dalam Kitab Suci, khususnya dalam Perjanjian Lama, abu merupakan sebuah tanda umum ungkapan pertobatan dan penyesalan seseorang yang mengakui kelemahan dan kerapuhannya (Yun 3:6) sekaligus juga untuk melambangkan harapan akan kebangkitan, dimana segala sesuatu ini akan lenyap dan hangus oleh nyala api dan digantikan oleh bumi dan langit baru (2 Ptr. 3:10-13). [4] Sejak lama, bahkan berabad-abad sebelum Kristus, abu telah menjadi tanda tobat. Dalam Kitab Kejadian, dikatakan manusia diciptakan dari debu tanah dan kembali menjadi debu (Kej 2:7). Itu sebelum Roh Allah dihembuskan ke dalam manusia, karena tanpa Roh Allah, manusia hanyalah debu. Artinya, tanpa Allah manusia itu tidak ada gunanya dan mudah diombang-ambingkan. Bahkan lebih daripada itu, tanpa Allah manusia hanyalah kotoran. Tanpa Allah manusia hanya dapat melakukan dosa.
Para nabi dalam Perjanjian Lama juga menyinggung soal abu dengan mengingatkan Umat Allah siapa sebenarnya manusia itu. Ketika Yeremia berseru: "Hai puteri bangsaku, kenakanlah kain kabung, dan berguling-gulinglah dalam debu!" (Yer 6:26), ia ingin mengingatkan bangsanya untuk bertobat dan merendahkan diri di hadapan Tuhan. Sebab manusia telah menjadi begitu sombong (berdosa) sehingga lupa bersyukur kepada Allah dan melakukan kehendak-Nya. Ketika orang-orang Niniwe mendengarkan berita penghukuman dari Allah melalui Nabi Yunus, mereka sadar dan percaya. Sebagai salah satu tanda pertobatan, ketika Raja Niniwe mendengar nubuat Yunus bahwa Niniwe akan ditunggangbalikkan, maka turunlah ia dari singgasananya, ditanggalkannya jubahnya, diselubungkannya kain kabung, lalu ia duduk di abu (Yun 3:6). Dengan demikian, ia mengakui kerendahannya dan mohon kemurahan hati Allah lagi bagi kotanya. Daniel di tengah penderitaannya juga memohon kemurahan hati Allah dengan tanda abu (Dan 9:3). Ayub juga dikatakan duduk di abu ketika mengalami pencobaan yang besar (Ayb 2:8). Tindakannya ini merupakan tanda bahwa ia tetap percaya kepada Tuhan. Segala sesuatu bagi Ayub adalah pemberian Tuhan. "TUHAN yang memberi, Tuhan yang mengambil, terpujilah nama TUHAN!" (Ayb 1:21). Demikian juga dengan Ester ketika menerima kabar dari Mordekhai, anak dari saudara ayahnya, bahwa ia harus menghadap raja untuk menyelamatkan bangsanya, maka ia menaburi kepalanya dengan abu sebagai tanda kesedihan, penyesalan dan pertobatan (Ester 4). Dalam Mazmur 102:10 penyesalan juga digambarkan dengan "memakan abu".
Makna teologis yang terdalam dari rabu Abu adalah umat percaya mengungkapkan sikap penyesalan dan pertobatannya (2 Samuel 13:19, Yunus 3:5-6, Ratapan 2:10, Daniel 9:3-6). Sikap Penyesalan dan pertobatan umat didasarkan kepada kesadaran akan kefanaannya sebagai makhluk. Itu sebabnya pada hari Rabu Abu, gereja menggunakan abu untuk menyatakan hakikat manusia yang fana dan lemah (Mazmur 103:14; Kejadian 2:7). Sehingga jelaslah bahwa Rabu Abu dan Pra-Paska merupakan masa di mana gereja menyadari keberdosaan dan kefanaan diri serta kebergantungannya pada rahmat Tuhan.
Tanda salib dari abu yang di dahi diberikan pada saat Ibadah Rabu Abu bukan hanya sekadar tanda, melainkan sebuah simbol. Simbol berbeda dengan tanda. Simbol sering melibatkan emosi individu, gairah, keterlibatan, kebersamaan, sebab simbol menyertakan kenangan-kenangan. Sebuah tanda hanya memiliki satu arti dan tafsiran, namun simbol terbuka terhadap berbagai arti. Maksudnya, simbol memungkinkan individu menghayati sendiri makna Rabu Abu sekalipun ada penjelasan objektifnya. Simbol ini menjembatani kita di zaman sekarang dengan mereka di zaman dulu, sehingga kita sendiri hadir di masa dahulu atau mereka dari masa dulu berada di tengah kita pada saat ini.[5] Di dalam ibadah Rabu Abu, setiap orang menerima sebuah tanda salib dari abu pada dahi mereka. Tanda salib di dahi tersebut merupakan sebuah tanda peringatan yang memiliki makna simbolik bahwa kita manusia yang berdosa telah membuat Yesus tersalib karena dosa-dosa kita.
Oleh karena itu, umat yang datang ke gereja pada hari Rabu Abu akan diberi tanda salib dari abu di dahinya sebagai simbol untuk mengingatkan pada ritual Israel kuno ketika seseorang menabur abu di atas kepalanya atau di seluruh tubuhnya sebagai tanda kesedihan, penyesalan dan pertobatan.

Memaknai Ibadah Rabu Abu melalui Puasa

Sejak hari Rabu Abu, minggu-minggu Pra-Paska hingga hari raya Paska ada waktu 40 hari yang dipakai oleh umat untuk berpuasa secara khusus. Angka 40 hari ini diambil dari 40 hari Tuhan Yesus berpuasa. Sebagai milik Kristus (serupa dengan Kristus), maka jemaat diajak untuk memahami makna tersebut. Bentuk puasa yang diusulkan adalah sikap menyangkal diri terhadap hal-hal yang begitu digemari oleh umat. Sehingga umat mulai Rabu Abu sampai menjelang Paska dapat menghindari hal-hal yang selama ini mengikat atau menjadi ketergantungan, misalnya terhadap kebiasaan merokok, minum anggur, makan makanan lezat, sikap yang konsumtif. Juga umat belajar menyangkal diri secara intensif terhadap kebiasaan buruk seperti marah, iri hati, sombong, tamak, malas, dan nafsu. Semua tindakan puasa tersebut diharapkan menghasilkan sikap pembaruan hidup. Karena ciri utama dari pengikut Tuhan Yesus adalah sikap pertobatan yang dinyatakan dalam pembaruan hidup.
Tradisi puasa umat Protestan bukan sekedar ibadah yang “ikut-ikutan” dengan saudara-saudara kita umat Katolik atau agama lainnya. Kita melaksanakan puasa karena sesungguhnya puasa dipakai oleh Tuhan untuk melatih rohani kita agar spiritualitas kita semakin terbuka untuk menghayati pertobatan sebagai sikap hidup. Pertobatan yang dimaksud adalah agar kehidupan kita makin berkenan di hati Tuhan dan setia memelihara kekudusan hidup. Itulah sebabnya makna pertobatan bukan terletak pada upacara pembubuhan tanda salib yang dari abu di dahi seseorang, melainkan juga pada pertobatan hati. Yoel 2:13 berkata: “Koyakkanlah hatimu dan jangan pakaianmu”. Jadi yang dikehendaki oleh Tuhan dalam ibadah puasa adalah “hati yang mau dikoyakkan” sehingga kita dengan sungguh-sungguh menyesali semua kesalahan dan dosa kita. Kita diajak untuk mengalami kasih dan pengampunan Allah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, pada saat kita berpuasa, kita tidak boleh memiliki motivasi lain kecuali keinginan untuk merendahkan diri secara total di hadapan Allah. Melalui puasa, kita ingin mengekspresikan sikap pertobatan kita dalam perbuatan, bukan sekadar rangkaian kata-kata yang saleh ataupun sekadar memaknai simbol abu saja. Nabi Yoel mengajak umat Israel untuk bertobat dengan melakukan puasa yang kudus (Yoel 2:15).Wujud dari puasa yang kudus tersebut tidak hanya tertuju kepada pribadi atau perseorangan tertentu, tetapi melibatkan seluruh elemen atau seluruh tingkat usia dan berbagai generasi umat Allah (Yoel 2:16-17). Sering kali makna puasa hanya dihayati sebagai bentuk kesalehan pribadi. Padahal Tuhan menghendaki agar kita selaku pribadi dan selaku persekutuan umat konsisten dalam memberlakukan kekudusan hidup. Itulah sebabnya sejak dahulu, selama masa Pra Paskah, gereja-gereja Tuhan senantiasa memotivasi dan memberlakukan puasa kepada seluruh anggota jemaat agar mereka, selaku persekutuan yang telah ditebus oleh Kristus, sungguh-sungguh mau setia untuk memelihara hidup kudus dengan sikap bertobat. Kita sungguh-sungguh berdamai dengan Allah yang akan memampukan kita untuk berdamai dengan diri sendiri dan berdamai dengan sesama.
Saat kita berpuasa juga dapat kita pakai sebagai media untuk melatih dan mempertajam spiritualitas dan iman yang kita miliki. Sehingga setelah berpuasa, kita mengalami perubahan hidup dan menjadi lebih arif dalam menghadapi berbagai persoalan dan pergumulan yang terjadi. Hasil dari puasa adalah kemampuan mengendalikan diri kita dengan lebih optimal, serta penuh kasih dan pengampunan kepada sesama. Karena itu makna pertobatan adalah sikap hati yang mau berubah di hadapan Allah, dan perubahan hidup itu dapat dirasakan oleh setiap orang di sekitarnya. Namun pada prakteknya, jarang sekali ada orang yang memaknai Rabu Abu dengan melakukan puasa. Sebagian orang hanya memaknai Rabu Abu lewat abu saja sebagai simbol pertobatan tanpa menganggap puasa sebagai sesuatu yang penting juga dalam memaknai Hari Rabu Abu.
Berdasarkan penghitungan kalender Gregorian, Rabu Abu akan jatuh pada tanggal-tanggal berikut di tahun-tahun mendatang:
*       2010 - 17 Februari
*       2011 - 9 Maret
*       2012 - 22 Februari
*       2013 - 13 Februari
*       2014 - 5 Maret
*       2015 - 18 Februari
*       2016 - 10 Februari
*       2017 - 1 Maret
*       2018 - 14 Februari
*       2019 - 6 Maret
*       2020 - 26 Februari.


Memaknai Ibadah Rabu Abu

Memaknai Ibadah Rabu Abu bukan hanya sekadar memahami abu sebagai tanda perobatan yang memiliki makna simbolis dan penyesalan akan dosa-dosa atau memaknainya dengan melakukan puasa. Mengerti makna abu sebagai sebuah pertobatan namun masih melakukan dosa berarti kita belum mampu memaknai Ibadah Rabu Abu tersebut. Mengerti makna abu dan melakukan puasa dengan menahan nafsu, tidak berbuat dosa dan peduli terhadap sesama berarti kita sudah dapat memaknai Ibadah Rabu Abu. Jadi bagaimanakah sikap hidup kita saat ini? Apakah kita semakin menghayati makna hari Rabu Abu sebagai sikap pertobatan agar hidup kita tidak lagi dibelenggu oleh kuasa dunia ini dan mau memberlakukan kasih dan pengampunan Allah secara nyata kepada setiap orang ataukah kita masih bertahan pada pemahaman bahwa Ibadah Rabu Abu hanyalah sekadar ibadah yang tidak bermakna? Apakah spiritualitas kita semakin jernih sehingga dengan penuh empati kita dapat merasakan kebutuhan orang-orang yang menderita dan kelaparan? Oleh Abu hanyalah sebuah lambang pertobatan, Yesaya sendiri dalam Kitab Yesaya mengingatkan bahwa lambang saja tidaklah cukup. Sebab, yang paling penting ialah yang ditandakan, bukan tandanya. Artinya, pertobatan yang sungguh-sungguh tersebut akan tampak dalam kasih kepada Allah dan sesama (Yes. 58:5-7).



Daftar Pustaka


http://kloter2000.blogspot.com/2010/03/katolik-sejarah-rabu-abu.html


[1] Rasid Rachman, Hari Raya Liturgi, 57.
[2] ibid, 58.
[3] Martha Zimmerman, Celebrating the Christian Year, (Minneasota: Bethany House Publishers, 1993), 104.
[4] E. Martasudjita, Pr., Memahami Simbol-simbol dalam Liturgi, (Yogyakarta: Kanisius, 1998), 38-39.
[5]

64 komentar:

  1. Penulis yg diberkati Djoane
    Mohon izin utk share bagi pembekalan umat di jemaat yg saya layani.
    Di izinkah? Mohon reply.
    Terima kasih dan Tuhan melingkupi Djoane dg berkatNya.

    Pdt, Agus Matius Hasan
    Tasikmalaya

    BalasHapus
  2. Penulis yg diberkati Djoane
    Mohon izin utk share bagi pembekalan umat di jemaat yg saya layani.
    Di izinkah? Mohon reply.
    Terima kasih dan Tuhan melingkupi Djoane dg berkatNya.

    Pdt, Agus Matius Hasan
    Tasikmalaya

    BalasHapus
  3. Roku offers the accompanying seven gushing gadgets. There are five set-top gushing boxes, the Roku Ultra, Roku Premiere, Roku Premire+, Roku Express, and Express+. www.roku.com/link Roku Activation Code At that point there are two sticks, the Roku Streaming Stick and Roku Streaming Stick Plus.

    BalasHapus
  4. Avg is a well- known name in the field of virus protection. The reason for which this name is common among all end users is its free antivirus and malware protection.It not only sounds www.avg.com/retail free but it provides a lot more with no money. It scans for virus and malware.

    BalasHapus
  5. Webroot Product Key Code & Webroot Serial Key for Activation www.webroot.com/safe activation is one of the most important and powerful applications which mainly designs to tackle harmful malware and help to secure information

    BalasHapus
  6. Get your Office Setup Installed with the assistance of the best help group. www.office.com/setup You may introduce the total office 365 bundle with no entangled work.

    BalasHapus
  7. Norton AntiVirus is an anti-virus and anti-malware software product, developed and distributed by Symantec Corporation since 1991 as part of its Norton family of computer security products.www.norton.com/setup
    It uses signatures and heuristics to identify viruses.

    BalasHapus
  8. office setup is the best programming which is broadly utilized in globe .It is an amazing administration that causes you release your best thoughts, complete things, and remain associated on the go.for more subtleties visit: www.office.com/setup
    today.

    BalasHapus
  9. McAfee inception with Mcafee antivirus gives all-around protection blocking all the bothersome perils, www.mcafee.com/activate
    malware disease which can hurt your PC.

    BalasHapus
  10. Try office.com/setup which is very easy to install, download and redeem. Use of it is also simple and the user can learn the use of it easily. www.office.com/setup Online Support&help option is also available in all application which provides an instant guideline.

    BalasHapus
  11. McAfee helps organizations orchestrate a truly integrated cyber environment that simultaneously protects, identifies and enhances security threats. www.mcafee.com/activate
    For consumers, McAfee protects your device at home and abroad from viruses, malware and other threats.

    BalasHapus
  12. roku.com/link this is least problematic approach to manage stream impelling to your TV. On your terms. With a significant number of accessible channels to explore for more details. www.roku.com/link
    visit: today

    BalasHapus
  13. The simpletest way to enjoy the large variety of streaming channels on your TV can be available at www.roku.com/link Roku provide great and large variety of streaming channels and other features at its best.

    BalasHapus
  14. To enact the Norton setup, select the Activate Now option at the base. To recharge the membership for Norton, select the Help choice and snap on Enter item key. Cautiously type the right Norton item key in the clear. Snap on the Next catch. www.norton.com/setup Go through with for more details.

    BalasHapus
  15. Download norton antivirus to make your computer virus free with the best support and tech team. www.norton.com/setup Feel free to contact us

    BalasHapus
  16. norton setup offers a fee-based suite of antivirus products which provide various malware detection method. User can protect their devices by regularly scanning the computer with Norton antivirus. www.norton.com/setup anti-virus suite uses virus definitions, suspicious behavior, emulation and the sandbox method to detect viruses

    BalasHapus
  17. Download and Activateavg.com/retail your avg activation code via . If facing any issue read the blog and help yourself with the procedure.

    BalasHapus
  18. visit office.com/setup Log in with Microsoft Account using your Id and password associated with the copy of MS office you have bought, Setup Office 365/2019.

    BalasHapus
  19. office it theoffice.com/setup pile of office gadgets to make your working smooth and effective.visit: to downloaded in your PC with the smart help.
    office it theoffice.com/setup pile of office gadgets to make your working smooth and effective.visit: to downloaded in your PC with the smart help.

    BalasHapus
  20. Norton Security norton.com/setup remium gives all what Norton Security does, in addition to it backs up the individual records, photographs, recordings and different recollections on your PC.

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Endeavor whichoffice.com/setup is amazingly easy to present, download and recoup. Usage of it is moreover fundamental and the customer can pick up capability with the use of it adequately. Online Support&help elective is in like manner open in all application which gives a minute guideline.

    BalasHapus
  23. norton web norton.com/setupsecurity is commonly used antivirus gives the least requesting to use and most intutive affirmation for your PC and your mobiles .present it and negligence viruses,spyware,root-units - , hackers.for more nuances visit.

    BalasHapus
  24. McAfee Activatemcafee.com/activate you can start incitation with enter thing code/key at and visit for more nuances.

    BalasHapus
  25. McAfee Activatemcafee.com/activate you can start incitation with enter thing code/key at and visit for more nuances.

    BalasHapus
  26. Webroot Mobilewebroot.com/safe Security is a multi client permit enabling you to utilize your permit on up to 3 gadgets. On the off chance that you are utilizing the most extreme number of gadgets you should uninstall from the old gadget preceding introducing on the new gadget.

    BalasHapus

  27. Roku spilling players need web access to roku link code stream content. They utilize remote to interface with your home system.

    BalasHapus
  28. Create or Sign in to your Mcafee account, download, install and enter Mcafee 25 digit activation code to Activate Mcafee through and secure your PC from viruses and malware.

    BalasHapus

  29. McAfee thing in citation is an antivirus program. this program www.mcafee.com/activate secure your PC with tainting so you can display it. to see significantly more please visit our site .

    BalasHapus
  30. mcafee antivirus is broadly utilized aantivirus distinguishes and kill PC infection, the mail worms,the trojan programs,and likewise helps mcafee activation code your framework free of infection and other malware is a significant every day challenge. for more subtleties visit today.

    BalasHapus
  31. Norton web security is generally utilized antivirus gives the least demanding to utilize and most intutive assurance for your PC and your mobiles.Install the norton.com/setup on your Android gadget and disregard viruses,spyware,root-units, programmers.



    BalasHapus
  32. Webroot SecureAnywhere AntiVirus is a powerful antivirus that has been created to fight against malwares and other threats. Visit: webroot safe install for installing webroot.






    BalasHapus
  33. You need a Roku record to enact your gadget and access diversion. There are no month to month gear rental expenses. Including an installment technique lets you effectively lease/purchase motion pictures www.roku.com/linkor buy in to well known administrations. Get to know more by clicking the link

    BalasHapus
  34. Roku Streaming players are an increasingly advantageous and financially savvy approach to sit in front of the TV. Simply plug it into your TV, associate with the web, set up a Roku record from roku.com/link, and start spilling your top choices. For more options do

    BalasHapus
  35. If you want to activate the hulu.com/activate , you need to follow the instructions given below. Make use of the and Streaming Channel option.

    BalasHapus
  36. To activate Hulu Plus on your gadget, either utilize the on-screen console to enter your Hulu sign in data or go to hulu.com/activateand enter the gadget initiation code. Both of these strategies will enable you to utilize Hulu on any Hulu-upheld gadget.


    BalasHapus
  37. Create your roku.com/link account to stream all your favorite shows online, setup Roku with Roku link code through So that you can search and play various movies and TV shows

    BalasHapus
  38. Norton offers support to install the software on the computer same way we, visit here at superb support offers premium services to support the user to install norton setup and other antivirus programs and other computer related issues.

    BalasHapus

  39. If your purchase of Office came with a product key, you enter your product key on one of the websites listed below for your version of Office. office setupAfter you enter your key, you can download and install Office, through or you can renew your Office 365 subscription.

    BalasHapus

  40. Microsoft Office is an application software. It is used in most of the businesses and organizations Install www.office.com/setupon your Pc's to get best advantage of it. mostly used tasks are ms-word, Ms-excel and Ms-powerpoint.

    BalasHapus
  41. Microsoft Office Setup is the complete bundle of Microsoft programs office.com/setup as it takes to the a variety of jobs, servers, and affiliations like PowerPoint, Excel, Word, Outlook, Publisher, OneNote, and Access.

    BalasHapus
  42. Webroot SecureAnywhereMobile Free keeps you secure when perusing, shopping, and depending on your Android gadget. This application webroot.com/safe utilizes the Device Administrator authorization.









    BalasHapus
  43. Webroot SecureAnywhere AntiVirus is a powerful antivirus that has been created to fight against malwares and other threats. Visit: webroot.com/safe for installing webroot.


    BalasHapus
  44. Webroot SecureAnywhere AntiVirus is a powerful antivirus that has been created to fight against malwares and other threats. Visit: www.webroot.com/safe for installing webroot.











    BalasHapus
  45. Install avg.com/retail Antivirus in Minutes on protects forever. After purchasing AVG Antivirus users need to open on the browser.

    BalasHapus
  46. Avg is a well-known in the protection avg.com/retail fields in the software world. The reason behind that it is commonly used among various users its is the tool against the malwares and viruses. It scans for virus and malware.





    BalasHapus
  47. AVG AntiVirus is designed to keep critical data and files safe, avg.com/retail private, and out of the hands of hackers.



    BalasHapus
  48. Norton offers support to install the software on the computer same way we, norton.com/setup visit here at superb support offers premium services to support the user to install Norton and other antivirus programs and other computer related issues.

    BalasHapus
  49. If your purchase of Office came with a product key, you enter your product key on one of the websites listed below for your version of Office. After you enter your key, you can download and install Office, through office.com/setup or you can renew your Office 365 subscription.

    BalasHapus
  50. Download and install and office setup from office.com/setup log in and enter office 25 digit product key to activate your office product. if you are new user then you need to create a office account to get more benefits of office 365 subscription.

    BalasHapus
  51. office setup will help you to deploy the office setup successfully on your device. Here are easy steps to download, install and activate office setup. Visit office setup now.

    BalasHapus
  52. Get your Office Setup from office setup product key Ms office is a new sensation in the market that left every body awestruck with its best products.

    BalasHapus
  53. Begin with downloading, introducing, and actuating office.com/setup utilizing a legitimate item key. Additionally locate the key highlights of all Office variants.

    BalasHapus
  54. visit www.office.com/setup Log in with Microsoft Account using your Id and password associated with the copy of MS office you have bought, Setup Office 365/2019.

    BalasHapus
  55. Office is the most famous and versatile office suite which offers multiple applications to increase the productivity of different level individuals. must visit office setup to know more information.

    BalasHapus
  56. office setup will help you to deploy the office setup successfully on your device. Here are easy steps to download, install and activate office setup. Visit office.com/setup now.

    BalasHapus
  57. Mcafee antivirus solution for the complete protection of your PC. It comes with a lot of features that will keep your PC virus free.Install mcafee antivirus in your computer with high class professionals and best tech team.We are ready to assist you till the last minute of installation.Visit mcafee.com/activate will help the user to get easy support.

    BalasHapus
  58. Download McAfee from mcafee.com/activate and McAfee antivirus install. after installation, you can follow steps for McAfee product download with activation code menu to activate McAfee.

    BalasHapus
  59. Having a security product on your device is the need of the day. With mcafee activate your devices, protect your information, and keep your personal data away.

    BalasHapus
  60. Mcafee antivirus solution for the complete protection of your PC. It comes with a lot of features that will keep your PC virus free.Install mcafee antivirus in your computer with high class professionals and best tech team.We are ready to assist you till the last minute of installation.Visit mcafee activate product key will help the user to get easy support.

    BalasHapus
  61. McAfee thing in reference is an antivirus program. this program secure to protect your pc with the help of install mcafee with activation code so you can exhibit it. To see altogether more please visit our site .

    BalasHapus
  62. Download and install Mcafee through mcafee 25 digit activaion code sign in to your Mcafee account and Enter 25 digit Mcafee activation code to activate your Mcafee product .

    BalasHapus
  63. Download McAfee from www.mcafee.com/activate and McAfee antivirus install. after installation, you can follow steps for McAfee product download with activation code menu to activate McAfee.

    BalasHapus
  64. Create or Sign in to your Mcafee account, download, install and enter Mcafee 25 digit activation code to Activate Mcafee through mcafee activate and secure your PC from viruses and malware

    BalasHapus